It's me.......

Foto saya
I'm student in one of medical faculty in my country (baru smester 3 sich.....) UmurQ baru 18 taon, but I don't like "dipanggil anak kecil". My hobby is listening to the music & of course watching korean drama...

Rabu, 22 Juli 2009

Sejarah Etika Kedokteran

Kode etik pertama dalam bidang praktek medic telah dikeluarkan oleh bangsa yang hidup di lembah Mesopotamia (Babylon) kira-kira 2500 tahun sebelum masehi.Kode Etik Hammurabi adalah sebuah Code of conduct yang secara terperinci mengatur sikap yang dituntut dari seorang dokter.

Sumpah Hippocrates, suatu pernyataan pendek mengenai kelakuan (conduct) dokter, kita ketahui melalui sejarah sebagai pernyataan yang hidup dari cita-cita yang dijunjung tinggi oleh para dokter. Sumpah ini diterima pada masa kejayaan peradaban Yunani, pada abad ke-5 sebelum Masehi. Sumpah Hippocrates melindungi hak si pasien dan menimbulkan perasaan yang lebih dalam dan luhur dari dokter tanpa menunjukkkan hukuman atau sanksi-sanksi kepada dokter-dokter.

Peradaban-perdaban lain kemudian menggambarkan prinsip-prnsip yang terbatas. Namun, sumpah Hippocrates itu kemudian diterima oleh peradaban Kristen pada abad ke-11 dan oleh peradaban barat dianggap sebagai suatu ungkapan sikap seorang dokter yang ideal.

Sumbangan lain yang paling menonjol pada sejarah etik kedokteran pada sejarah etika kedokteran setelah Hippocrates diberikan oleh Thomas Percival, seorang dokter, pengarang, dan ahli filsafat Inggris. Pada tahun 1803, ia menerbitkan Code of Medical Ethics. Kepribadiaannya, perhatiannya terhadap keadaan social, serta hubungannnya yang erat dengan rumah sakit Manchester Infirmary, kesemuanya itu dia tuangkan dalam suatu publikasi yang berjudul “Hal-Ihwal Sikap Profesional dalam Hubungan Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar