It's me.......

Foto saya
I'm student in one of medical faculty in my country (baru smester 3 sich.....) UmurQ baru 18 taon, but I don't like "dipanggil anak kecil". My hobby is listening to the music & of course watching korean drama...

Rabu, 22 Juli 2009

Nyeri Ekstremitas

A. Skenario

Nyeri Ekstremitas

Seorang laki-laki berumur 39 tahun dengan keluhan nyeri pada bokong yang menjalar ke bagian posterolateral paha, ungkai bawah & tumit. Hal ini dirasakan sejak 5 hari yang lalu setelah penderita mengangkat beban berat di kantor. Nyeri ini bertambah berat bila penderita duduk dan berkurang bila penderita berdiri atau berjalan. Pada pemeriksaan fisik ditemukan penurunan sensoris pada sisi lateral tungkai bawah dan kaki serta 3 jari lateral kaki kanan. Refleks Achilles juga menurun.

B. Kata Kunci

1. Laki-laki 39 tahun

2. Nyeri pada bokong posterolateral paha, tungkai bawah dan tumit.

3. Nyeri bertambah berat bila duduk dan berkurang jika berjalan dan berdiri.

4. Penurunan sensoris sisi lateral tungkai bawah dan kaki serta 3 jari lateral kaki kanan.

5. Nyeri 5 hari yang lalu sebab mengangkat barang berat

6. Reflex Achilles menurun

C. Kemungkinan Penyakit

1. Hernia Nukleus Pulposus merupakan rupturnya nukleus pulposus.

2. Spondilitis Ankylosa merupakan penyakit jaringan ikat yang ditandai dengan peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi yang besar, menyebabkan kekakuan progresif,nyeri dan dengan penyebab yang tidak diketahui.

3. Fraktur Kompresi merupakan trauma vertebra yang mengenai medula spinalis sehingga dapat menyebabkan terjadinya defisit neurologis berupa kelumpuhan.

4. Tendinitis Achilles merupakan suatu peradangan pada tendon Achilles, yaitu urat daging yang membentang dari otot betis ke tumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar